MAKALAH CORELDRAW DALAM DUNIA DESAIN VISUAL

MAKALAH 

CorelDraw Dalam Dunia Desain Visual







Oleh:
Jaisar Isnan
Kelas : XI - A1

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 5 Semarang
Jurusan Teknik Komputer Jaringan
2018


Kata Pengantar

    Alhamdullilah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi rahmat, karunia, serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
    Makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Desain Visual. Selain itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi siswa dalam menyusun karya tulis.
      Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca sekalian demi memperbaiki  makalah ini dalam penulisan lain di kemudian hari.
       Dan semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.


Semarang, Oktober 2019
Penulis



Jaisar Isnan



BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG MASALAH

      Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi  berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan manusia  salah satunya yaitu komputer.
      Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Membantu setiap pekerjaan manusia, menjadi tempat ketergantungan hampir semua manusia didunia. Komputer mempunyai beberapa perangkat yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software dan brainware.
      Nama lain software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, perangkat  keras adalah nyata yang dapat dilihat dan disentuh oleh manusia, sedangkan software tidak dapat dilihat dan disentuh secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa dioperasikan.Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang dijalankan oleh perintah, maupun  catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk mejalankan perintah yang dijalankannya inilah fungsi dari perangkat lunak atau software. Diperangkat ini terdapat program aplikasi grafis berbasis vektor yaitu CorelDraw.
      Software CorelDRAW digunakan rata-rata untuk membuat garis-garis vector, contohnya logo. Dengan kelengkapan tools dari software ini, juga controlnya pun lebih nyaman, mendesain logo vector menjadi lebih mudah. Begitu pesat berkembangnya teknologi komputer, yang terutama pada perangkat lunak, mau tidak mau kita juga harus mengikuti perkembangannya.

      A.    Rumusan Masalah
              1. Apa itu perangkat lunak (Software) ?
              2. Apa itu coreldraw ?
              3. Bagaimana sistem pengoprasian dari corelDraw ?

      B.    Tujuan 
              1. Supaya pembaca mengerti apa itu perangkat lunak.
              2. Agar pembaca dapat mengetahui tentang coreldraw.

      C.    Manfaat
              1. Agar kita lebih mengetahui tentang Desain Grafis.
              2. Memahami lebih lanjut tentang CorelDraw.


BAB II
PEMBAHASAN


A.    SOFTWARE (Perangkat Lunak)

      Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

1.      Karakteristik perangkat lunak :

   a. Perangkat Lunak merupakan suatu produk, sekaligus sarana untuk membangun suatu produk.           Perangkat Lunak dibangun dan dikembangkan (engineered, not manufactures). Berbeda dengan perangkat keras (hardware), Perangkat lunak dibuat dengan suatu perancangan yang kemudian setelah jadi dapat dikembangkan lebih lanjut. Biaya untuk Perangkat Lunak dikonsentrasikan pada pengembangan.

    b. Perangkat Lunak tidak pernah usang (wear out) namun memburuk (deteriorate). Perangkat                Lunak tidak pernah usang karena adanya perawatan memungkinkan pengembangan Perangkat Lunak untuk menyesuaikan dengan kebutuhan baru. Namun sekali Perangkat  lunak rusak, maka tidak dapat diganti dengan Perangkat lunak lain, namun harus dilakukan pembuatan ulang karena tidak ada suku cadang dalam Perangkat Lunak(berbeda dengan hardware).

    c. Sampai saat ini kebanyakan Perangkat masih dibuat menurut pesanan (custom built).
       Perangkat lunak disusuaikan menurut pesanan yang berdasarkan analisa penggunaan kebutuhan pelanggan yang ingin memiliki perangkan yang lebih hebat, nyaman dan memiliki desain yang menarik.

2.      Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

      a. Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
      b. Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
    c. Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

B.  MENGENAL COERLDRAW.


          Corel Draw Merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC, untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual. Keunggulan mengolah gambar berbasis vector adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap.
1.    Menu bar
     Merupakan menu utama dari corel draw, yang meliputi:
-     File: meliputi pilihan untuk membuat dokumen baru (New, New from template), membuka dokumen yang sudah ada(Open), atau menutup dokumen yang sedang terbuka (Close). Teradapat pilihan untuk mencetak dokumen yang sudah kita buat melalui pilihan print.

-     Edit: meliputi pilihan untuk melakukan Undo (kembali satu langkah proses kebelakang) dan redo (kembali satu langkah proses kedepan), kemudian pilihan cut, copy dan paste yang berfungsi untuk menggandakan objek

-     View: berhubungan dengan tampilan dari workspace (Full screen view), jenis tampilan objek diatas workspace (Simple wireframe – enhanced) serta reaksi object atas object lain (Snap to), untuk menampilkan penggaris dan garis penunjuk serta grid (Ruler – Enable rollover)

-     Layout: berhubungan dengan pengaturan workspace, seperti tipe layout apakah landscape atau portrait (switch layout), mengganti warna background (Page Background), menambah/mengurangi halaman (Insert, rename, delete page), serta untuk merubah jenis kertas yang dipakai (page setup)

-     Arrange: berhubungan dengan object yang dibuat, seperti posisi atas objek lain (Align and distribute dan order), penggabungan objek (group, ungroup, dan ungroup all), merubah bentuk objek (transformation dan clear transformation), serta untuk mengunci posisi objek (Lock, unlock, unlock all objects) • Effects: Sesuai dengan artinya, menu ini untuk memberikan efek kepada objek yang terpilih, seperti gelap – terang, merubah warna objek, dan efek efek lainnya.

-     Bitmap: dikhususkan untukk memberikan efek pada objek berbasis bitmap.

-     Text: menu untuk pengaturan objek tekx pada corel draw, seperti menempatkan teks pada jalurnya (Fit text to path), mengatur format teks, atau merubah tipe huruf teks (Change case)


2.   Tool Box
       Sekumpulan fungsi yang untuk membuat berbagai objek vektor.
-     gunakan tool ini untuk memindah posisi objek.
(F10) Shape tool : berfungsi untuk merubah objek yang bertipe curve, dimana objek ini memiliki nodes (titik) yang berhubungan.

-     ZH Zoom tool: berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan objek di workspace. Memiliki sub pilihan hand tool (H), berguna untuk menggeser tampilan objek di workspac

-     Freehand Pick tools: Berfungsi untuk menseleksi, memutar, memperbesar/memperkecil objek.

-     Selalu tool: digunakan untuk membuat objek dari garis secara manual.

-     (F6) Rectangle Tool: untuk membuat objek persegi

-     (F7) Ellipse Tool: untuk membuat objek berbentuk lingkara

-     Poligon Tool: Untuk membuat objek berbasis polygon, membuat table sederhana

-     Basic Shape: untu membuat objek sederhana seperti panah, bintang, serta objek acak

-     (F8) Text Tool: untuk membaut objek text Interactive Blend Tool: untuk membuat satu                     objek berdasarkan penggabungan dari dua objek

-     Eyedropper Tool: alat untuk memilih warna dari objek yang ada di workspace, serta paintbucket Tool untuk memberikan warna pada objek berdasarkan warna yang tadi dipilih

-     Outline Tool: untuk mengatur jenis, ukuran, bentuk, dan warna dari garis yang mengelilingi objek

-     Fill Tool: Untuk mengatur warna dan jenis dari fill objek

-     Interactive Tool: sama seperti Fill Tool, namun memiliki property yang lebih mudah diakses
3.    Property bar
     Adalah fasilitas yang disediakan untuk memunculkan fungsi-fungsi yang sering digunakan ketika aktif pada salah satu alat gambar pada tool box. Isi dari property bar akan menyesuaikan dengan salah satu alat yang sedang aktif pada tool box. Berikut ini adalah salah satu fungsi yang muncul pada property bar ketika mengaktifkan text tool:

a. Mengatur halaman kerja (workspace)
     Setiap kita membuka aplikasi Corel Draw, akan kita jumpai sebuah kotak putih, kotak ini dapat kita analogikan sebagai selembar kertas untuk kita mulai menggambar. Ada baiknya sebelum mulai membuat objek, kita atur dulu ukuran dari kertas yang ingin kita gunakan.
    Hal ini dapat kita lakukan dengan memilih menu Layout kemudian memilih page setup. Disini kita dapat memilih arah kertas, apakah berdiri atau tiduran, ukuran dan jenis kertas, dan tipe kertas, apakah kertas biasa (normal paper) atau kertas label (Labels)
b.Mengatur Printer
    Jika ukuran kertas pada workspace sudah diatur, jangan lupa untuk mengatur ukuran kertas pada printer. Hal ini penting agar apa yang kita lihat di workspace dengan apa yang kita cetak di kertas akan sama atau sinkron.
    Untuk mengatur printer, pilih menu file lalu printer setup. Perlu diperhatikan bahwa tampilan pengaturan setiap jenis printer akan berbeda, namun pada intinya sama saja. Kita hanya perlu mencari pilihan yang memiliki fungsi pengaturan halaman (Page Setup).

1.2. Membuat objek dasar

1.   Objek garis
a. Freehand tool
  Freehand tool sama seperti kita menggoreskan pena atau pensil diatas kertas, garis akan tercipta mengikuti arah goresan kita. Jika titik akhir goresan diklik pada titik awalnya, maka akan menjadi sebuah object closed, yaitu objek yang dapat diberi warna (fill) Setiap lekukan garis akan menjadi sebuah titik yang disebut dengan node, garis antar node disebut dengan segment. Node dan segment akan kami uraikan pada bagian mengedit objek.
b. Bezier tool
    Berfungsi membuat garis, berbeda dengan freehand tool, garis tidak akan tercipta mengikuti gerak mouse kita, tapi kita harus melakukan klik pada suatu titik, sehingga akan tercipta sebuah node, jika kita klik pada titik yang lain, akan tercipta node baru yang akan terhubung dengan node sebelumnya dengan sebuah segment. Jika ingin membuat garis lengkung, lakukan klik tahan kemudian gerakkan mouse, maka garis akan melengkung.
c. Artistic media tool
    Tool ini seperti kita menggambar menggunakan kuas, memiliki ketebalan serta jenis yang beragam. Untuk mengatur jenis dan ketebalannya, terdapat properties bar yang biasanya terletak tepat dibawah menu bar.
d. Pen tool
    Seperti bezier tool, bedanya adalah, setiap kita melakukan klik pada sebuah titik, gerakan mouse ke titik berikutnya akan diikuti oleh garis segment. Untuk membuat garis melengkung dilakukan cara yang sama dengan bezier tool
e. Polyline tool
   Tool ini berfungsi untuk membuat garis yang lurus presisi, tool sebelumnya akan membuat garis mengikuti persis arah gerakan mouse, sedangkan Polyline tolol, akan membuat garis yang lurus mengikuti arah gerakan mouse.
f.  Three points curve tool
   Membuat garis melengkung dapat dilakukan secara cepat dengan tool ini, cukup lakukan sekali klik tahan, kemudian geser ke titik lain, akan tercipta sebuah garis lengkung, untuk mengakhiri cukup klik sekali lagi.
g.  Interactive connection tool
   Jika ingin membuat semacam diagram alur, tool ini dapat digunakan untuk membuat alur   penghubungnya. Seperti untuk menghubung tabel satu dengan tabel lainnya.
h.  Dimension tool
Digunakan sebagai garis keterangan ukuran sebuah objek

2.     Objek bentuk
a.  Objek persegi (Rectangle Tool)
 Tool ini digunakan untuk membuat suatu objek persegi empat.
b.  Objek lingkaran (Elipse Tool)
     Gunakan tool ini untuk membuat objek lingkaran, agar tercipta lingkaran bulat   sempurna, tekan tombol Ctrl pada keyboard sambil menggeser mouse.
c.  Objek poligon (Poligon Tool)
     Untuk membuat objek berbentuk bintang, gunakan ikon persegi lima (Symetrical Polygon). Tool ini memiliki properti untuk tiap tiap ikon yang ada.
e. Objek Text (Text tool)
    Untuk memuat objek text, pilih tool ini, kemudian klik pada workspace kemudian ketikkan kata yang diinginkan. Kita juga dapat membuat text box agar kalimat yang diketikkan lebih rapi, dengan melakukan drag (klik tahan) dan buat kotak sesuai kebutuhan.

3.      Melakukan editing objek.
a.  Shape tool

- Shape tool. Digunakan untuk merubah posisi node dan bentuk dari segment.
- Knife tool. Untuk memotong suatu objek dengan cara membuat garis melintang diatas  objek  yang ingin dipotong
-  Eraser tool Berfungsi untuk menghapus suatu bagian dari objek
- Smudge brush
  Dapat digunakan untuk menghapus atau memperluas daerah sebuah objek. Jika kita drag dari luar objek ke bagian objek, maka bagian objek yang dilewati oleh sapuan mouse akan terhapus. Namun sebaliknya, jika kita drag dari dalam objek ke luar, maka daerah sapuan mouse akan menjadi bagian dari objek tersebut.
   Roughen brush Berguna untuk merubah garis lengkung menjadi garis lurus yan acak Free transform tool Berfungsi untuk melakukan rotasi pada obejk yang bersumbu pada titik klik mouse.
b.  Interactive extrude tool
-Interactive blend tool
 Berfungsi untuk membuat efek penggandaan dari dua buah objek.
-Interactive contour tool
 Berfungsi untuk membuat efek penggandaan dari sebuah objek
-Interactive distortion tool Membuat objek menjadi bentuk abstrak
-Interactive envelope tool Berfungsi untuk merubah bentuk sebuah objek dengan merubah guide node
-Interactive extrude tool Memberikan efek tiga dimensi pada objek
-Interactive drop shadow Memberikan efek bayangan pada objek
-Interactive tranparency tool Dapat digunakan untuk memberikan kesan

1.3. Cara Memotong, Menggabung, dan Operasi Objek pada CorelDraw
    a.Kita buat dulu objeknya. Objek pertama adalah persegi dan objek kedua adalah lingkaran sempurna. Gunakan tool Rectangle dan Ellipse tool untuk membuat kedua ojek tersebut, sambil menekan tombol keyboard CTRL + klik dan drag via tool tersebut agar objek menjadi benar-benar persegi dan lingkaran.
      b.Warnai objek tersebut dengan warna merah untuk lingkaran dan kuning untuk persegi. Aktifkan snap to objek dan pindah posisi tengah lingkaran di unjung pojok bawah kanan persegi.
      c.Pilih objek lingkaran menggunakan pick tool kemudian sambil menekan tombol SHIFT klik objek persegi, sehingga keduanya terseleksi.


BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
      Dalam kemajuan teknologi software yang memiliki multi fungsi untuk semua bidang. Seperti sofware coreldraw yang  memiliki banyak fungsi. Coreldraw merupakan salah satu aplikasi software atau perangkat lunak editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel untuk membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan pemrosesan visual.
      Corel Draw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC, untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual. Keunggulan mengolah gambar berbasis vector adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap.

B.SARAN
      Untuk membantu kita dalam pembuatan grafis sebaiknya dipelajari cara pengoperasian coreldraw, banyak sekali manfaat yang diperoleh dari operasi perangkat lunak coreldraw.


DAFTAR PUSTAKA

alimblog.2016. MAKALAH CORELDRAW LENGKAP, http://alimsanjaya.blogspot.com, diakses 15 September 2018.
alimblog.2012. MAKALAH CORELDRAW, http://bella-bellarizki.blogspot.com, diakses 15 September 2018.

0 Komentar untuk "MAKALAH CORELDRAW DALAM DUNIA DESAIN VISUAL"

terimakasih telah berkomentar..

Back To Top